Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot

Cara menanam cabe dalam pot merupakan salahsatu cara membudidayakan tanaman cabe yang sangat mudah dilakukan dengan menggunkan media pot atau media polybag.

Ini merupakan teknik budidaya alternatif yang bermanfaat bagi ketersedian bahan-bahan sayuran dan hortikultura rumahan, misalnya saja, ketika harga cabe mahal kita memiliki ketersedian cabe di taman rumah kita dan jika cara budidaya cabe yang digunakan baik dan ketersedian tanaman cabe banyak maka kita bisa menjualnya. 

cara budidaya cabe organik dalam pot

Cara Budidaya Cabe Organik dalam Pot


Persiapan Media

Siapkan pot atau polybag, bisa juga menggunakan alat-alat bekas yang bisa digunakan sebagai pot dan tidak terpakai semisal, ember, bak mandi, gayung, ember bekas cat dan lain sebagainya. Bersihkan terlebih dahulu media, kemudian sterilkan. 

Lakukan pengolahan tanah, pilih tanah yang subur kemudian campurkan pupuk kompos organik atau pupuk bokashi pada tanah, aduk hingga merata masukan kedalam pot yang sebelumnya diberi batu kerikil atau batu apung secukupnya, 

Diamkan media selama 3-5 hari namun yang harus diperhatikan kondis tanah harus dalam keadaan lembab/basah atau tidak kering, namun jangan sampai air menggenang, jika air menggenang maka periksa kembali kondisi media, karena drainase tanaman sayuran atau hortikultura dalam pot drainase sangat diperlukan. 

Proses penanaman

Penanaman benih cabe organik bisa langsung kedalam pot atau bisa juga menggunakan persemaian jika akan menanam dalam jumlah banyak. Gunakan varietas yang genjah, jika pertamakali menggunakan pola tanam cabe organik, maka belilah bibit cabe organik di toko pertanian, namun jika sudah beberapa kali pilihlah benih dari bibit cabe yang terbaik dan sehat.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Cabe Organik dalam Pot

Penyiraman dan Penyiangan

Lakukan penyiraman setiap hari, bisa dilakukan pagi dan sore hari atau pilih salahsatu diantaranya, hingga masa pertumbuhan, jika sudah melewati masa petumbuhan dan tanaman sudah setinggi 3-5 cm maka penyiraman bisa dilakukan hanya satu kali saja. Lakukan penyiraman dengan hati-hati dan jangan sampai merusak media. 

Penyiangan dilakukan jika ada tanaman pengganggu, meskipun dalam pot tanaman pengganggu atau gulma dan rumput liar tetap tumbuh dalam pot, untuk itu kontrol setiap hari harus dilakukan. 

Pemupukan

Pupuk untuk cabe, lakukan pemupukan lanjutan dengan menggunakan pupuk cair organik atau pupuk daun, untuk tanaman dalam pot sebaiknya jika menggunakan pupuk cair maka gunakan Spray (bisa menggunakan spray yang biasa digunakan anti nyamuk), semprotkan pada daun atau tanah disekitar tanaman. 

Pengendalian Hama dan Penyakit 


Pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan metode terpadu, yang mengutamakan kontroling dan pengendlian hama, jika hama masih diambang wajar maka lakukan pengendalian secara manual, kemudian jika hama dan penyakit pada tanaman sudah agak banyak lakukan pengendalian dengan menggunakan pestisida organik.

Sumber : Cabe Pedas

1 Response to "Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot"